Sejarah Prodi Psikologi Universitas Jambi

Jurusan Psikologi Universitas Jambi berdiri pada tahun 2012, dibawah naungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi. Jurusan Psikologi didirikan sebagai salah satu program mandat dari Kementerian Teknologi dan Pendidikan Tinggi (No. SK Pendirian 1598/ET/2012, 28 Desember 2012). Kegiatan operasional di Jurusan Psikologi dimulai sejak tanggal 20 Maret 2015 (No. SK Izin Operasional 29/M/Kp/2015).

Jurusan Psikologi didirikan pada awalnya atas inisiasi dari Fadzlul, S. Psi, M. Psi, Psikolog dan Jelpa Periantalo, S. Psi, M. Psi, Psikolog, yang mengajukan pendirian jurusan langsung ke pimpinan Universitas Jambi saat itu Prof. Dr. H. Aulia Tasman. Pengajuan tersebut mendapat sambutan positif dari Rektor dan meminta untuk mempersiapkan proposal pendirian.

Dalam perjalanan pengerjaan proposal tersebut Kemendikbud melalui Dikti memberi mandat langsung kepada Universitas Jambi untuk membuka Jurusan Psikologi dan beberapa jurusan lainnya dilingkungan Universitas Jambi. Adapun pendirian jurusan psikologi ini salah satunya untuk melengkapi jurusan di lingkungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.

Dikarenakan telah diturunkannya mandat pembukaan Jurusan Psikologi Universitas Jambi, akhirnya proposal pendirian jurusan tidak dilanjutkan lagi, berdasarkan mandat tersebut Fadzlul, S. Psi, M. Psi, Psikolog diangkat sebagai Ketua Jurusan pada saat itu dan didampingi oleh Dian Fitriani Puji Astuti, S. Psi, Psikolog sebagai sekretaris jurusan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM, pengelola melakukan rekrutmen tenaga dosen untuk bergabung di Jurusan Psikologi. Adapun beberapa dosen yang bergabung diantaranya Nofrans Eka Saputra, S. Psi, MA, Yun Nina Ekawati, S. Psi, M. Psi, dan Elvin Rosalina, S. Psi, M. Psi. Jurusan Psikologi membuka pendaftaran mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2013 setelah memenuhi syarat minimal dosen yang ditetapkan pada saat itu.

Jurusan Psikologi Universitas Jambi saat ini baru membuka program untuk jenjang strata satu/ S1. Berdasarkan data dari BAN-PT, Jurusan Psikologi Universitas Jambi saat ini berakreditasi B dengan nomor SK No. 4173/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019. Jurusan Psikologi di Universitas Jambi merupakan Jurusan Psikologi pertama yang ada di Jambi.

Saat ini, Jurusan Psikologi diketuai oleh Yun Nina Ekawati, S. Psi., M. Psi., Psikolog, dan sebagai sekretaris Jurusan Siti Raudhoh, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Jurusan Psikologi menyediakan berbagai bidang peminatan (yang teraplikasikan dalam mata kuliah-mata kuliah yang ada), mulai dari Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikometri, hingga Psikologi Sosial. Bidang-bidang ini diampu oleh Dosen-Dosen psikologi yang memiliki kompetensi dan pengalaman pada bidang yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa Jurusan Psikologi Universitas Jambi dapat dianggap sudah memiliki sumber daya manusia yang cukup lengkap dan kompeten di bidang ilmunya masing-masing untuk diajarkan kepada mahasiswa.