Sejarah Program Studi Psikologi Universitas Jambi

 

Pada tahun 2012 Program Studi (Prodi) Psikologi berdiri dengan bernaung di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi. Prodi Psikologi FKIK Universitas Jambi merupakan program mandat dari Kementerian Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor SK Pendirian 1598/ET/2012 pada tanggal 28 Desember 2012. Selanjutnya penyelenggaraan operasional Prodi Psikologi dimulai tanggal 20 Maret 2015 dengan Nomor SK Izin Operasional 29/M/Kp/2015. Pendirian Prodi Psikologi diinisiasi oleh beberapa dosen yaitu Fadzlul, S. Psi, M. Psi, Dian Fitriani Puji Astuti, S. Psi, Psikolog, Jelpa Periantalo, S. Psi, M. Psi, Nofrans Eka Saputra, S. Psi, MA, Yun Nina Ekawati, S. Psi, M. Psi, dan Elvin Rosalina, S. Psi, M. Psi. Hal ini dibuktikan melalui SK Rektor nomor 172/ UN21/KP/2014.

Awal berdirinya Prodi Psikologi sampai saat ini, Prodi ini merupakan Prodi Psikologi pertama di Provinsi Jambi sehingga tantangan menumbuhkembangkan ilmu psikologi membutuhkan upaya yang lebih keras dan efektif. Pengelola Prodi Psikologi pertama kali ditunjuk langsung oleh Rektor yaitu Fadzlul, S. Psi, M. Psi, Psikolog sebagai Ketua Prodi dan Dian Fitriani Puji Astuti, S. Psi, Psikolog sebagai Sekretaris Prodi. Pengangkatan itu ditegaskan dengan SK Rektor Nomor 357/UN21/KP/2016. Selanjutnya tahun 2017- sekarang yang menjadi Ketua Prodi Psikologi yaitu Nofrans Eka Saputra, S. Psi, MA dan Sekretaris Prodi yaitu Siti Raudhoh, S. Psi, M. Psi, Psikolog dengan SK Rektor Nomor 107/UN21/KP/2017.

Prodi Psikologi memiliki beberapa bidang peminatan yaitu minat Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikometri, Psikologi Sosial. Bidang-bidang tersebut dikoordinasikan oleh dosen-dosen psikologi yang memiliki kompetensi di bidang yang sama. Hal ini diharapkan dapat mendorong setiap dosen untuk dapat memperkuat kajian, atau manggali kompetensi sehingga luaran dalam kegiatan tridharma yang dilakukan menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas.