Blog Listing

Kunjungan Dinas ke Malaysia, Titik Awal Kerjasama Psikologi Unja di Tingkat Internasional

Area pencapaian Visi Program Studi Psikologi Universitas Jambi berkiprah di tingkat internasional,yang sejalan dengan visi universitas. Cikal bakal kegiatan tersebut sudah dimulai dengan ditandai dosen yang melalukan presentasi di luar negeri maupun kuliah di luar negeri.  Setelah mendapatkan akreditasi B, yang menandakan bahwa program studi sudah baik dalam pengelolaan internal dan kerjasama regional. Untuk mencapai akreditasi yang lebih lagi, kita perlu lebih banyak mengiatkan kerjasama internasional di antaranya. Berangkat dari hal tersebut, para dosen Psikologi – Universitas Jambi melaksanakan kunjungan kerja ke Universitas Kebangsaan Malaysia. Universitas Jambi telah melakukan Memorandum of Undestanding dengan Universitas Kebangsaan Malaysia melalui rector masing-masing. Bagi Program Studi Psikologi sendiri, Fadzlul M.Psi, Psikolog  pun sedang menempuh strata tiga disana.

Bertempat di Fakultas Sosial dan Humanity, rombongan Universitas Jambi diterima dengan hangat oleh pihak School of Psychology UKM pada Rabu, 21 Januari 2020. Pihak UKM mengucapakan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan kunjungan ke pihak mereka. Mereka menjelaskan tentang bagaimana proses rekrutmen, pembelajaran, riset, konferensi, magang maupun kerjasama yang sedang mereka tengah jalani selama ini. Begitu juga dengan pihak Universitas Jambi pun menjelaskan tentang mengenai sejarah dan kebudayaan Jambi serta keberadaan program studi. Terdapat kesepatan informal dalam pembicaraan tersebut bahwa akan pertukuran mahasiswa, magang, riset, guest lecturer maupun kesempatan studi lanjut bagi dosen dan alumi.

Untuk tindak lanjut dari kunjungan ini, dosen dari UKM akan diundang menjadi pembicara dalam seminar nasional di Universitas Jambi pada Oktober 2020. Untuk selanjutnya, akan direncanakan adanya MoA (Memorandum of Aggreement) antara dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi dengan Dekan Fakulti Social dan Humanity – Universitas Kebangsaan Malaysia.



Leave a Reply